Rabu, 30 Mei 2012

KEBUTUHAN PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER

Kebutuhan Hidup/Ekonomi Manusia - Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier, Jasmani, Rohani, Sekarang, Masa Depan, Pribadi dan Sosial

Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.
Di bawah ini akan diberikan jenis, macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusia selama hidupnya di dunia :
A. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas
1. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.
3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.
B. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat
1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, seks, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.
C. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu
1. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis, makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membeli mobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.
D. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya
1. Kebutuhan Individual / Individu / Pribadi
Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contoh lainnya.
2. Kebutuhan Sosial / Kolektif
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain.


Primer, Sekunder & Tersier


Kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidupnya dengan baik memerlukan kebutuhan. Kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya, beraneka macam jenisnya, tidak berhenti untuk memenuhi keinginan tertentu, berubah dan berkembang baik dari segi kuantitas dan kualitas, kebutuhan sering timbul dalam waktu yang bersamaan, dan tidak ada batas waktu berhentinya.  
Makin bertambahnya jumlah populasi penduduk, semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, makin luas ruang lingkup ia bersosialisasi, serta semakin meningkatnya tingkat peradaban manusia termasuk faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya (selalu bertambah).
Semakin banyak kebutuhan dalam pola hidup manusia, maka untuk mempermudah memahami kebutuhan tersebut dapat digolongkan dalam beberapa klasifikasi. Ada kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier.

Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama ( pokok ) wajib yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan (Makanan, pakaian, dan rumah). Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.

 Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan kedua  setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Contoh kebutuhan sekunder semisal perabot rumah tangga (meja, kursi, lemari,  televisi, radio), Kebutuhan pendidikan (sepatu, tas, kaos kaki, buku, pensil), dll. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dimaksudkan memenuhi kebutuhan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya dan saling bersosialisasi.


Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata tertius yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau kebanggaan di mata masyarakat. Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. 




Kebutuhan Primer
Kebutuhan Tersier















Kebutuhan Sekunder

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar