Senin, 07 Oktober 2013

Tugas Psikologi Manajemen

Tugas I


  1.         Apa arti manajemen?
  2.         Sebutkan jenis manajemen?
  3.         Apa itu kepimpinan?


Jawab : 



     1.      Manajemen adalah kebiasaan yang dilakukan secara sadar dan terus menerus dalam membentuk organisasi. Semua organisasi mempunyai orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi dalam mencapai sasarannya. Orang ini disebut manajer

     2.   - Manajemen Sumber Daya Manusia  adalah  penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya  manusia  yang terbaik bagi bisnis yang  kita  jalankan dan  bagaimana  sumber daya  manusia  yang  terbaik tersebut dapat  dipelihara dan tetap bekerja bersama kita  dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa kontan ataupun bertambah.

- Manajemen Pemasaran  adalah  kegiatan  manajemen  berdasarkan fungsi yang  pada intinya berubah untuk  mengidentifikasi apa sesungguhnya yang  dibutuhkan oleh  konsumen  dana  bagaimana  cara  pemecahannya  dapat diwujudkan.

- Manajemen Produksi  adalah penerapan  manajemen  berdasarkan fungsi untuk menghasilkan  produksi yang sesuai  dengan standar yang  ditetapkan  berdasarkan  keinginan  konsumen  dengan  teknik produksi yang  efisien mungkin dari mulai pilih lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan  dalam  proses produksi.

- Manajemen  Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan  fungsinya  yang pada  intinya berubah  untuk  memastikan  bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan  mampu mencapai  tujuan  secara ekonomis yaitu  diukur berdasarkan  profit.  Tugas manajemen  keuangan  diantaranya  telah  diperoleh  di lokasikan  secara tepat  dalam  kegiatan bisnis yang  dijalankan.

- Manajemen  Informasi adalah kegiatan  manajemen  berdasarkan  fungsi nya yang dapat  intinya  berubah  mematiskan bahwa  bisnis yang  dijalankan tetap  mampu untuk  terus  berlahan  dalam jangka panjang. untuk menyediakan  seluruh  informasi  yang terkait  dengan  kegiatan perusahaan baik  infoormasi  internal maupun  eksternal yang  dapat  mendorong  kegiatan  bisnis yang dijalankan tepat  mampu  beradaptasi dengan perubuh yang  terjadi  dimasyarakat.

- Manajemen Strategi secara  sederhana manajemen  dapat diartikan sebagai perencanaan pengorganisasian pergerakan, pengawasan,dalam rangka pengambilan keputusan.

- Manajemen Operasi adalah acara bisnis berfokus pada proses produksi barang atau jasa  serta  mematikan operasi bisnis berlangsung  secara  efektif  dan efisien.
        
      3.    Kepemimpinan adalah :

- kemampuan mempengaruhi tata laku orang lain apakah dia pegawai bawahan, rekan kerja / atasan.

- adanya pengikut yang dapat dipengaruhi baik oleh ajakan,anjuran, bujukan, sugesti, perintah saran, atau bentuk lainnya.

- adanya tujuan yang hendak dicapai

FKepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan kelompok, menuju ke arah penentuan tujuan dan mencapai tujuan (leadership is the process of influencing group activities toward goal setting and goal achievement)





Tugas II





  1.   Pengertian perencanaan?
  2.   Manfaat perencanaan!
  3.   Jenis perencanaan dalam organisasi?





      Jawab:

 1.   Perencanaan adalah suatu teknik atau cara untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai yang telah

      ditentukan dan dirumuskan oleh suatu Badan Perencana ditingkat pusat.


 2.  Manfaat perencanaan :

~ Dengan perencanaan diharapkan terdapatnya suatu pengarahan kegiatan, adanya pedoman bagi                    pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan pembangunan

~ Dengan perencanaan dapat dilakukan suatu perkiraan potensi-potensi, prospek-prospek                              perkembangan,  hambatan serta resiko yang mungkin dihadapi pada masa yang akan datang

~ Perencanaan memberikan kesempatan untuk mengadakan pilihan yang terbaik

~ Dengan perencanaan dilakukan penyusunan skala prioritas dari segi pentingnya tujuan

~ Perencanaan sebagai alat untuk mengukur atau standar  untuk mengadakan pengawasan evaluasi

3.   Jenis Perencanaan dalam Organisasi :

~ Perencanaan berdasarkan jangka waktu

~ Perencanaan berdasarkan sifat perencanaan

~ Perencanaan berdasarkan alokasi sumber daya

~ Perencanaan berdasarkan tingkat keluwesan

~ Perencanaan berdasarkan sistem ekonomi yang dianut

~ Perencanaan berdasarkan cara pelaksanaannya





Referensi :

Sastrodiningrat, Soebagio, Manajemen & Kepemimpinan, IND-Hill-Co. Jakarta. 1998

Hasibuan, Malayu S.P (2006).Manajemen (Dasar,Pengertian,dan Masalah ). Jakarta : Bumi Akra.

Dr.Badrudin,M.Ag (2013).Dasar –dasar  Manajemen. Bandung.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar